Tuesday, November 22, 2016

LAB 4.2 Dynamic Route-EIGRP

ANATOMY NETWORK - LAB 4.2 Dynamic Route-EIGRP, Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. Untuk kali ini ane berbagi ilmu tentang protokol Dynamic Routing yang lain, yaitu EIGRP. Apa itu EIGRPApa gunanya? Dan bagaimana cara mengkonfigurasinya? Berikut akan ane jelaskan.

Apa itu Routing EIGRP?
Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) adalah  protokol routing yang termasuk proprietari Cisco, yang berarti hanya bisa dijalankan pada router Cisco, EIGRP bisa jadi merupakan protokol routing terbaik didunia jika bukan merupakan proprietari Cisco.

Keuntungan:

  • Penggunaan sumber daya sangat rendah.
  • Ketika perubahan terjadi, hanya perubahan routing tabel disebarkan, tidak seluruh tabel routing; ini mengurangi beban penempatan protokol routing itu sendiri pada jaringan.
  • Konvergensi yang cepat untuk perubahan dalam topologi jaringan (dalam beberapa situasi konvergensi dapat hampir seketika).
  • Dan masih banyak lagi.
Topologi:
Konfigurasi untuk topology dapat menggunakan topology dibawah ini:
Pengaturan IP address:
Jangan sampai salah atau keliru dalam pengaturan IP address. Pastikan interface yang diatur adalah interface yang terhubung dengan router ke router.
R1 (AKU):
R2 (KAMU):
R3 (DIA):

Konfigurasi Loopback:
Buatlah loopback sebagai bahan acuan untuk target pengiriman data. Jadi seolah-olah mengeping langsung ke router bukan ke interface.
R1 (AKU):
R2 (KAMU):
R3 (DIA):

Konfigurasi:
Sekarang tinggal me-routing secara dynamic dengan cara memperkenalkan network masing-masing.
R1 (AKU):
R2 (KAMU):
R3 (DIA):

Pengecekan:
Dengan demikian pasti semua network sudah saling terhubung dan sudah bisa saling ping.
R1 (AKU):

Sekian penjelasan yang insyaallah jelas dan mudah. Mohon maaf apabila terdapat tulisan typo atau kekurangjelasan. Wassalam... Salam BLANK!

0 komentar:

Post a Comment