Tuesday, January 31, 2017

VPN & Tunnel

ANATOMY NETWORK - VPN dan Tunnel, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini ane posting masih mengenai hal-hal yang bersifat pribadi :'v. Postingan sebelumnya yaitu VPS, nah berarti sekarang beralih ke VPN. Apakah yang dimaksud dengan VPN itu? Apa hubungannya dengan Tunnel? Mungkin di postingan ini kita dapat membahas hal yang di atas.

PENGERTIAN VPN
VPN singkatan dari Virtual Private Network dalam bahasa artinya adalah Jaringan Pribadi Sebenarnya. Hampir sama seperti VPS, bedanya kalau VPS itu server nah VPN itu Network. Ya, jadi VPN adalah sebuah koneksi jaringan pribadi yang menggunakan jaringan publik ataupun bisa disebut internet. Dikatakan Private Network karena jaringan ini hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja. Dan walaupun menggunakan jaringan internet, kerahasiaan paket data yang terkirim tetap lebih aman. Penggunaan VPN ini seolah-olah atau seakan-akan kita menggunakan suatu jaringan dalam satu jaringan yang disebut dengan Tunnel.

PENGERTIAN TUNNEL
Tunnel dalam bahasa artinya terowongan. Tunnel adalah salah satu aspek dasar pada VPN yang membentuk jarinagan pribadi di dalam jaringan global. Sesuai dengan artinya, tunnel layaknya seperti terowongan pada jaringan yang hanya bisa dilewati oleh paket data tertentu. Jika diibaratkan tunnel bisa dibilang seperti agan mempunyai dua rumah yang berbeda, nah jika agan ingin berpindah dari rumah yang satu ke yang lain bisa dengan dua cara, dengan melewati jalan bisa naik kendaraan atau jalan kaki, atau  dengan menggali lorong bawah tanah langsung menuju ke rumah agan yang lain. Nah pada analogi di atas, lorong bawah tanah berperan sebagai tunnel. 

Disebut tunnel atau saluran (terowongan) karena aplikasi yang menggunakannya hanyalah melewati dua titik akhir, sehingga paket data yang melewati tunnel hanya melakukan hop sekali. Tunneling pada VPN menggunakan enkripsi yang gunanya adalah untuk menjaga paket data agar tidak akan bisa dilihat oleh pihak-pihak yang tidak diberikan hak akses.

Tunnel sendiri  hanyalah sekedar jalurnya saja. Untuk prosesnya sendiri biasanya disebut dengan tunneling. Tunneling juga bisa dibilang sebagai proses transfer paket data yang memanfaatkan jaringan internet dari satu jaringan ke jaringan lain dengan cara terselubung atau tertutup. Tidak seperti pengiriman paket data biasanya, tunneling akan membungkus (encapsulation) terlebih dahulu agar paket data yang melewati jaringan internet tidak dapat dilihat oleh orang lain, yang akan menjadi suatu keamanan tersendiri.

Jadi ketika agan menggunakan VPN yang didalamnya terdapat teknologi tunneling maka paket data yang ditransfer akan sangat terjamin keamanannya. Bagaimana tidak? Bayangkan saja ketika paket data yang melintas langsung melalui jalur dimana hanya agan yang bisa mengakses jalur tersebut, dan juga dengan tambahan pembungkus paket atau enkapsulasi data yang dilakukan oleh tunneling.


Perhatikanlah gambar di atas. Pada gambar bisa dilihat bahwa VPN dengan tunnel sangatlah berkaitan. Tunnel sebagai jalurnya dan VPN sebagai jaringannya. Pada ilustrasi di atas terlihat bahwa VPN tidak melewati ISP. Hal ini membuat ISP tidak akan mengetahui lalu lintas yang terjadi pada tunnel. ISP mungkin hanya mengetahui bahwa pengguna VPN sedang terhubung ke internet.

FUNGSI  
VPN juga memiliki beberapa  fungsi yang sangat berguna bagi kecanggihan teknologi saat ini, diantaranya adalah:
  1. Confidentiality, atau kerahasiaan. Sudah jelas bagaimana kerahasiaan yang dijaga dalam jaringan VPN yang dibahas pada uraian di atas. Teknologi VPN ini juga memiliki sistem pengaman yaitu enkripsi data, sehingga kerahasiaan menjadi lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang menyadap paket data yang sedang melalu lintas di suatu jaringan VPN, belum tentu bahkan mustahil akan bisa dibaca. 
  2. Data Integrity, maksudnya adalah keutuhan data. VPN menjamin keutuhan data pada saat pengiriman hingga sampai di tujuan. Karena pada saat pengiriman, data tidak akan rusak, hilang, cacat dan bahkan tidak akan ada yang dapat memanipulasi paket data tersebut.
  3. Origin Authentication, artinya adalah Autentikasi Sumber. Maksudnya VPN ini mempunyai kemampuan memeriksa data beserta sumber-sumbernya. Jadi paket data yang diterima bisa dipastikan berasal dari sumber yang asli atau semestinya. Dengan begitu tidak akan ada data pemalsuan data.


0 komentar:

Post a Comment