Thursday, January 19, 2017

Web Server

ANATOMY NETWORK - Web Server, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Ya... kali ini masih berkaitan tentang Server, sebelumnya sudah dipost mengenai DNS dan Mail Server. Pada pembahsan kali ini mungikin agan-agan sudah mengetahui sekilas tentang Apa itu Web Server? Tapi jangan mau hanya mengetahui sekilas khususnya untuk agan-agan yang berkecimpung di dunia IT, kita seharusnya mengetahui lebih lanjut mengenai hal-hal seperti ini. Di bawah ini akan kita simak bersama tentang Web Server. Langsung saja, cekidot....

PENGERTIAN
Web Server, sebelumnya mari kita penggal dan artikan dari judul tersebut. 
  1. Web
    Berasal dari kata website yang artinya situs web (???...), ya... sepertinya web itu kata singkatan dari kata website, entahlah. Seperti yang biasa kita ketahui bahwasanya website adalah suatu halaman yang berisi informasi atau konten itu juga tergantung pembuat web. Web menyediakan informasi kepada pengguna komputer yang terhung ke suatu jaringan atau pun internet dari informasi yang sangat bermanfaat bahkan hingga informasi "yang tidak berguna", dari informasi bebas ongkos hingga yang komersil juga ada. Web juga dapat diartikan sebagai halaman yang menampilkan berbagai macam informasi seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi maupun gabungan dari beberapa informasi. Web juga memiliki sifat, ada yang satis dan juga dinamis. Bedanya web statis dengan dinamis adalah dinamis harus selalu update misalnya seperti website berita sepak bola. Dalam hubungannya dengan Server, Web sendiri adalah layanan(service) atau fitur atau bisa dibilang aplikasi yang bisa diinstal/dipasang atau dikonfigurasi atau apalah itu istilahnya.
  2. Server
    Untuk istilah yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu bahkan mungkin tidak perlu untuk diperjelaskan lagi bahwasanya, Server dalam bahasa artinya pelayan namun untuk istilah IT, Server adalah sebuah perangkat jaringan berupa komputer yang fungsinya banyak sekali dan tugasnya biasanya adalah tugas-tugas yang berat-berat (berat dalam artian tugas yang membutuhkan spesifikasi tinggi). 
Setelah kita penggal mari kita tafsirkan apa arti Web Server itu.
Web Server adalah sebuah layanan server yang mengkelola informasi baik teks, gambar, audio, maupun video dalam bentuk situs web. Web Server memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari client berupa HTTP atau HTTPS, atau lebih mudahnya biasa dibilang browser, dan server mengirim kembali kepada client yang haslinya dalam bentuk dokumen HTML tentu saja agar dapat dilihat pada browser. 

FUNGSI
Web Server berfungsi untuk menerima permintaan berkas dari client berupa HTTP atau HTTPS lalu membalas dalam bentuk HTML. Sebenarnya fungsi dari Web Serser sudah dijelaskan pada sub pengertian di atas hehehe... Untuk perannya sendiri dalam jaringan internet sangatlah penting. Melihat sangat banyaknya orang yang mencari informasi di internet (browsing). Bayangkan saja jika tidak ada web server, bagaimana tampilan browser kita saat browsing? Pastinya sangat menyulitkan untuk mencari informasi, belum lagi untuk zaman seperti saat ini sangat banyak yang menggunakan web terlebih pada web yang digunakan sebagai bincang-bincang atau media sosial.


CARA KERJA
Cara kerja dari Web Server tidaklah mudah tetapi simple. Simpel dalam artian mudah dipahami. Tapi tentu saja sulit atau butuh kemampuan lebih dan jam terbang yang banyak agar bisa membuat Web Server yang sukses. 
Dalam membuat web server dibutuhkan aplikasi untuk pengoperasiannya. Ada banyak diantaranya adalah:
  • Apache
  • Apache Tomcat
  • Microsoft windows Server 2008 Internet Information Services (IIS)
  • Lighttpd
  • Sun Java System Web Server
  • Xitami Web Server
  • Zeus Web Server


Dari aplikasi di atas, salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.
  1. Client di sini berupa komputer atau desktop dengan minimal memiliki browser dan terhubung ke Web Server dengan jaringan internet atau internet.
  2. Client meminta suatu halaman web ke server untuk ditampilkan di desktop client.
    Misalnya client mengetikkan suatu alamat atau yang disebut URL di browser http://www.google.com/. Ketika menekan enter, apa yang terjadi? Melalui jaringan dan protokol http, maka akan dicarilah komputer berdomain www.google.com. Jika ditemukan, maka seakan-akan terjadi permintaan, "hai google, ada yang minta halaman utama nih, halamannya dimana?" Inilah yang disebu dengan REQUEST.
  3. Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana di dalamnya terdapat perangkat lunak web server, agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan.
  4. Sekarang dari sisi server. Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Jika ditemukan, maka halaman yang akan dikirimkan ke client, namun jika tidak ditemukan, maka server akan membari pesan "404. Page Not Found", yang artinya halaman tidak ditemukan.
Seperti itulah cara web server bekerja. 
Semoga informasi mengenai Web Server ini bermanfaat. Terima kasih, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Atau bisa sampaikan komentar. Wassalamu'alaykum...

0 komentar:

Post a Comment