Wednesday, January 18, 2017

Mail Server

ANATOMY NETWORK - Mail Server, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini ane posting mengenai pengertian dari Mail Server. Berikut akan ane jelaskan dengan pengertian ane dan mudah-mudahan jelas begitupun dapat dimengerti.

PENGERTIAN
Mail Server terdiri dari dua kata, yaitu Mail dan Server. Mail dalam Bahasa artinya surat. Sedangkan Server adalah perangkat yang melayani beberapa tugas, misalnya Mail. Berarti dapat diartikan bahwa Mail Server adalah server yang mempunyai layanan untuk mengelola pengiriman e-mail atau surat elektronik sehingga client dapat melakukan surat-menyurat atau dapat mengirim dan menerima surat elektronik dalam jaringan internet. 

FUNGSI
Fungsi Mail Server adalah untuk mengelola email, akun, atau administratif lainnya. Pada zaman yang sudah sangat canggih sperti saat ini penggunaan program email sangat berperan penting khususnya pada perkantoran maupun sekolah karena dapat memudahkan manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain dengan menggunakan surat elektronik. Dengan begitu tentu saja Server yang mengelola masalah ini sangatlah penting. Bahkan semakin majunya aplikasi ini membuat server-server ternama membuat Web Mail Server. Contoh yang sering digunakan adalah Yahoo dan Google. Dengan begini pengguna email sangat mudah mengakses email karena sudah bisa digunakan dengan tampilan web. Dan fitur yang terbaru pada web mail adalah dapat membuka file dokumen, spreedsheet, maupun presentasi tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Kabarnya mengedit file tersebut pun sudah bisa.

Orang yang mengelola Mail Server biasanya disebut Post Master. Tugasnya adalah:
  • Mengelola akun
  • Memonitoring proses kerja server
  • Sebagai admin
Mail Server yang umum atau biasanya menggunakan protokol SMTP, POP3, dan IMAP.
  1. SMTP (Simple Mail Transfer Protokol) adalah protokol yang digunakan untuk mengirim mail ke server lain. Sebenarnya dari kepanjangannya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa protokol ini bertugas sebagagai alat untuk mentrasfer mail. Jika diibaratkan SMTP bisa dibilang sebagai kotak pos yang biasa kita lihat. Ketika kita ingin mengirim surat, kita akan memasukkan surat ke kotak pos tersebut, yang kemudian akan diambil oleh tukang pos dan dibawa ke kantor pos. Kemudian nantinya di kantor pos surat itu akan disortir dan kemudian akan diantarkan ke alamat yang tertera pada surat tersebut.
  2. POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil mail yang masuk ke dalam email client. Fungsinya adalah sebagai penyimpan sementara mail yang terkirim di dalam sebuah Mail Server, lalu kemudian meneruskannya ke mail client. POP3 bisa dianalogikan atau diibarakan layaknya sebuah kantor pos yang bertugas menerima setiap email yang masuk. Di kantor pos surat tersebut akan ditampung dan juga akan mencari alamat ke mana saja surat-surat ini akan ditujukan. Lagi-lagi sebenarnya dengan melihat kepanjangan dari POP3 itu sendiri seharusnya kita sudah tidak bingung lagi apa arti POP3 itu, bahwa POP3 itu adalah protokol "seperti" kantor pos.
  3. IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol yang bertugas untuk mengakses email dari server. Protokol inilah yang memungkinkan agan megakses mail lewat browser.
Sekian... hanyaa itu yang bisa ane jelaskan. Wassalamu'alaykum.

0 komentar:

Post a Comment