Wednesday, January 11, 2017

DNS Server


ANATOMY NETWORK - DNS Server, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini ane post tentang penjelasan dari DNS Server. Mungkin beberapa dari kita mengetahui DNS adalah singkatan dari Domain Name Server. Oke, memang bisa. Tapi mengapa biasa dibilang DNS Server? Sedangakan DNS sendiri singkatan dari Domain Name Server, itu berarti DNS Server adalah Domain Name Server Server. Apakah benar?

PENGERTIAN
Inilah kekeliruan yang banyak terjadi di kalangan newbie, hehehe. Sebenarnya DNS adalah Sistem Penamaan Domain atau dalam Bahasa Inggris Domain Name System. Mungkin setelah mendengarnya kita langsung dapat memahaminya walau belum terlalu jelas. Ya, DNS Server terdiri dari dua kata, yaitu DNS dan Server. 
DNS adalah sistem penamaan domain yang menyimpan informasi tentang nama domain ataupun nama host di dalam jaringan komputer. 
DNS juga bisa dibilang sebagai penerjemah nama situs web menjadi alamat IP. DNS berfngsi sebagai alat yang mempermudah manusia/user untuk mengunjungi situs web dan sebaliknya. Misalkan ingin mengunjungi Facebook anda harus mengetahui alamat IP dari Facebook tersebut yaitu 31.13.78.35. Sulit bukan? Maka dari itu DNS menerjemahkan atau merubah IP tersebut menjadi www.facebook.com. Jadi lebih mudah, kan?
Sedangkan kata Server pada kali ini hanya berarti sebagai perangkat yang mengatur DNS. Dan memang sudah menjadi tugas server untuk mengatur IP suatu host lewat hostname-nya.

FUNGSI DNS
  • Melayani pemetaan IP Address ke FQDN (Fully Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP Address.
  • Menerjemahkan namanama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP Address) atau sebaliknya. Sehingga nama tersebut mudah untuk diingat oleh pengguna internet.
STRUKTUR DNS
  • Root Level Domains
  • Top Level Domains
  • Second Level Domains
  • Host Name
Begitulah bebeapa hal yang bisa ane jelskan, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalam...

0 komentar:

Post a Comment