Wednesday, January 25, 2017

UTP & STP

ANATOMY NETWORK - UTP & STP, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini kita membahas tentang cabling atau pengkabelan. Tentu saja dalam instalasi jaringan membutuhkan alat penghubung yang dapat menghubungkan perangkat-perangkat jaringan. Salah satu penghubung itu adalah kabel. Kabel yang digunakan dalam jaringan bukanlah kabel yang digunakan untuk mengalirkan listrik. Kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan adalah kabel khusus yaitu kabel UTP atau ada juga STP. Apa itu kabel UTP dan STP? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.




PENGERTIAN UTP
UTP singkatan dari Unshielded Twisted-pair yang dalam bahasa artinya adalah Pasangan-pilinan Tak Terlindungi. Adalah salah satu jenis kabel jaringan yang penghantarnya terbuat dari tembaga dan dilapisi atau diisolasi dengan dari plastik dan dibungkus dengan bahan isolasi yang dapat melindungi dari panas, dingin, dan basah tetapi tidak dapat melindungi dari infeksi elektromagnetik. Tapi karena harga kabel ini sangat terjangkau maka lebih banyak digunakan, dan juga karena fungsinya yang sudah memenuhi standar yang diharapkan. Kabel ini sendiri di dalamnya memiliki empat pasang kabel inti yang warnanya berbeda-beda. Hasil gambar untuk cable utp

FUNGSI
Fungsi kabel UTP adalah sebagai kabel yang menghubungkan perangkat-perangkat jaringan. Kabel ini sering digunakan pada sistem jaringan berbasis LAN. Kabel ini tidak langsung bisa terhubung begitu saja pada suatu perangkat, kabel ini membutuhkan benda yang disebut connector yang tipenya RJ45.

PENGERTIAN STP
Sedikit berbeda dengan UTP, STP singkatan dari Shielded Twisted-pair yang dalam bahasa artinya adalah Pasangan-pilinan Terlindungi. Masih salah satu jenis kabel jaringan yang penghantarnya terbuat dari tembaga dan ada tambahan lapisan atau diisolasi dari bahan logam yang dapat melindungi dari infeksi elektromagnetik. Hasil gambar untuk stp cable hd
FUNGSI
Kabel STP ini fungsinya sama sepertti UTP untuk mentransmisi data anatara perangkat jaringan. Pada awalnya kabel ini digunakan pada instalasi telepon, tv, dan radio. Tapi dengan seiring berkembangnya zaman, kabel ini menjadi media transmisi data pada jaringan Token-Ring IBM.

KATEGORI KABEL TWISTED PAIR
Dalam perkembangan Twisted-pair ada beberapa kategori kabel yang semakin maju dari generasi ke generasi diantaranya adalah:

  1. Category 1 (Cat1) adalah kategori pertama yang transmisi datanya masih sangat kurang sesuai jika digunakan pada jaringan komputer. 
  2. Category 2 (Cat2) adalah kategori yang transmisi datanya lebih baik dibandingkan dari Cat1, tapi masih belum sesuai jika ingin digunakan sebagai kabel jaringan zama sekarang.
  3. Category 3 (Cat3) adalah kategori yang sudah lebih baik dari kategori sebelumnya (Cat1 & Cat2), dan sudah bisa mentransmisikan data hingga kecepatan 10 megabit per detik.
  4. Category 4 (Cat4), kategori  ini lebih baik lagi dari Cat 3, Category 4 ini sudah bisa mentransmisikan data hingga kecepatan 16 megabit per detik.
  5. Category 5 (Cat5) adalah kategori yang sudah jauh lebih baik dari Cat4. Kategori ini sudah bisa mentransmisi data hingga 100 megabit per detik dan sudah sangat sesuai untuk jaringan zaman sekarang. Saat ini juga sudah ada peningkatan untuk kategoti ini yaitu Enchanced Category 5 (biasanya ditulis pada kabel CAT 5E). Tentunya eCat5 ini lebih bagus lagi daripada Cat5 biasa. Bedanya pada eCat5 sudah mampu mendukung frekuensi 250 MHz.
  6. Category 6 (Cat6) adalah kategori yang terbaik pada kategori kabel twisted pair. 
Diantara semua kategori di atas yang paling sering digunakan dalam instalasi jaringan adalah kabel Cat5 atau Cat5e, karena selain harganya yang terjangkau, kualitas kabel ini juga sudah sangat sesuai dengan jaringan masa kini.

KONFIGURASI KABEL
Dalam penggunaannya kabel ini harus menggunakan konektor yang disebut dengan RJ45. TIA/EIA sudah memberikan dua jenis standarisasi pada RJ45 terhadap kabel twisted-pair, yaitu T568A dan T568B.
Hasil gambar untuk T568A and T568B hd


Perbedaan standarisasi itu terlihat pada urutan pair yang tidak sama. 
  • T568A
    1. PUTIH-HIJAU
    2. HIJAU
    3. PUTIH-ORANYE
    4. BIRU
    5. PUTIH-BIRU
    6. ORANYE
    7. PUTIH-COKELAT
    8. COKELAT
  • T568B
    1. PUTIH-ORANYE
    2. ORANYE
    3. PUTIH-HIJAU
    4. BIRU
    5. PUTIH-BIRU
    6. HIJAU
    7. PUTIH-COKELAT
    8. COKELAT
Dengan adanya standarisasi T568A dan T568B, terdapat dua jenis konfigurasi kabel twisted-pair, yaitu: 
  • Straight-through, kabel ini menggunakan konfigurasi yang sama pada kedua ujung kabel (T568A dengan T568A atau T568B dengan T568B).
  • Cross-over, kabel ini menggunakan konfigurasi yang berbeda pada kedua ujung kabel (T568A dengan T568B).

Hanya ini saja kiranya yang dapat ane jelaskan. Semoga bermanfaat. Wassalam...

0 komentar:

Post a Comment