Sunday, June 11, 2017

LAB 4 Monitoring Server

ANATOMY NETWORK - Konfigurasi Monitoring Server, Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kali ini ane posting mengenai tugas Sistem Operasi Jaringan menggunakan sistem operasi Windows Server 2012. Ane akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana Cara Monitoring ServerMonitoring Server adalah proses pengontrolan data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan agar memaksimalkan daya jaringan. Langsung saja berikut adalah langkah-langkahnya:
---Task Manager---
  1. Pertama, jika kalian tidak mau repot-repot download software untuk monitoring server, kalian bisa menggunakan aplikasi yang bernama Task Manager. Aplikasi ini sudah langsung di sediakan oleh windows, jadi kita gaperlu install lagi.
  2. Jika sudah di buka, sekarang coba buka aplikasi terserah apa saja, tetapi pada contoh ini saya membuka kalkulator, dan lihat nanti akan terdapat perubahan di jendela task pada aplikasi server manager kalian. Akan muncul Calculator pada Task Manager kalian.
  3. Untuk memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat mengklik pilihan End Task.
  4. Aplikasi Calculator telah berhenti. Sekarang Anda dapat mencoba mengklik More Details untuk melihat detail lainnya.
  5. Disitu akan terdapat berapa penggunaan cpu dan memory ram kalian. di situ juga terdapat aplikasi yang sedang berjalan, baik aplikasi yang sedang jalankan/mainkan dan juga aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  6. Anda pun dapat melihat tab Performance terdapat aktifitas yang dilakukan oleh CPU, Memory dan Hardware. Pada gambar di bawah ini menunjukan proses pada cpu kalian, disitu akan terdapat jumlah pemrosesan, uptime yang menandakan berapa lama cpu tersebut aktif, dan juga clock speed pada processor kalian.
  7. Juga terdapat tampilan aktifitas dari ram pc kalian, disitu di tampilkan berapa jumlah ramnya, berapa ram yang terpakai, dan sebagainya.
  8. Kemudian juga terdapat traffic dari jaringan yang terhubung kr pc kalian. disitu terdapat berapa speed download & uploadnya, berapa ip yang digunakan pc tersebut, pc tersebut konek kemana, dll. Habis itu coba klik Open Resource Monitor.
  9. Maka akan muncul tamppilan seperti gambar berikut, yaitu proses pada CPU, Disk, Network, dan Memory.
---Performance Monitor---
  1. Untuk menjalankan aplikasi Performance Monitor, Pertama kalian buka dulu server manager pada WinServer 2012 kalian, kemudian klik pada menu tools setelah itu pilih Performance Monitor.
  2. Maka akan terbuka aplikasi Performance Monitor, sekarang pada traffic area, setelah itu klik Add Conters..
  3. Disini saya ingin memantau prosesor, maka dari itu klis pada menu processor setalah itu klik Add, kemudian klik OK.
  4. Maka akan ditampilkannya proses yang terjadi pada prosesor pc kalian tersebut.
---Event Viewer---
  1. Kemudian sekarang kita coba menggunakan aplikasi yang bernama Team Viewer. Kembali ke halaman utama server manager kalian, kemudian klik pada menu tools setelah itu pilih Event viewer.
  2. Ini merupakan halaman utama dari Event Viewer.
  3. Klik pada windows logs, kemudian pilih system, maka akan muncul Filter dari semua log pada system.
  4. Jika hanya ingin menampilkan beberapa log saja, bisa kalian klik Filter Current Log.
  5. Maka akan muncul jendela seperti gambar berikut, pada contoh ini hanya log Critical yang hanya ingin saya tampilkan, maka dari itu berikan tanya ceklis pada Critical di bagian Event Level, jika sudah klik OK.
  6. Maka hanya log Critical yang muncul. Tapi karena saya tidak terdapat critical, maka tidak akan muncul apa-apa seperti gambar dibawah ini.

0 komentar:

Post a Comment