Friday, June 9, 2017

MikroTik Netinstal


ANATOMY NETWORK - MikroTik Management Service, Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.Pada kali ini ane ingin share cara netsinstall mikrotik. Sebelum melakukan netinstall, siapkan dahulu file file yang dibutuhkan, yaitu file netinstall dan file RouterOS sesuai dengan arsitektur sesuai dengan router anda. Misalnya disini saya memiliki RB951G-2HnD yang menggunakan arsitektur mipsbe. Netinstall ini bertujuan untuk mereset dengan cara install ulang router lewat ethernet. Netinstall ini digunakan ketika kita lupa password admin dari admin. Download bahan bahan yang dibutuhkan disini sesuaikan dengan aarsitektur pada router anda.

Instalasi menggunakan Netinstall bersifat clean install jadi semua data dan os yang lama akan terhapus dan tergantikan dengan yang baru.
  1. Pertama jalankan file netinstall dengan run as administrator.
  2. Disable semua interface yang aktif, kecuali interface yang digunakan untuk netinstall, yaitu port Ethernet.
  3. Setting IP pada interface ethernet.
  4. Klik Net booting, kemudian atur IP address klien untuk router, atur dalam satu jaringan dengan pc anda.
  5. Colokkan kabel LAN pada ether1 dan colok tombol reset dengan lidi dengan kondisi router belum tercolok ke listrik, tahan menekan tombol reset ini 
    Selagi menahan menekan tombol reset, colokkan port adapter agar router menyala
    Kemudian akan keluar drives RB951G-2HnD atau router yang anda gunakan, kemudian klik Browse dan arahkan ke tempat npk anda berada
  6. Kemudian pilih file .npk yang digunakan. Disini saya menggunakan routeros versi 5.25 dengan arsitektur mipsbe, klik drives yang akan diinstall, kemudian klik install. Sisanya tinggal menunggu ionstallasi selesai, ketika selesai Netinstall akan tertutup secara otomatis.
  7. Dan sekarang router sudah siap digunakan kembali

0 komentar:

Post a Comment